Ketahui 10 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin
Juni 23, 2021
Cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin memang perlu perhatian khusus. Tidak dapat dimungkiri bahwa cukup banyak karyawannya yang dalam proses bekerja malah tidak memikirkan kedisiplinan di lingkungan kerja. Termasuk tidak memedulikan aturan atau kebijakan perusahaan yang sudah dibuat sehingga akhirnya berimbas pada kinerja karyawan lain atau divisinya sendiri.
Kalau sudah berada di dalam kondisi seperti ini, Anda dapat melakukan cara-cara yang diberikan untuk mengatasi dan meningkatkan disiplin kerja karyawan.
Faktor-faktor yang Menyebabkan Karyawan Tidak Disiplin saat Bekerja
Sebelum ke topik pembahasan, ada beberapa faktor kurangnya kedisiplinan karyawan pada saat bekerja. Berikut faktor-faktornya.
1. Ketidakjelasan Ekspektasi dan Tujuan
Faktor pertama adalah ketika karyawan tidak sepenuhnya memahami tugas-tugas dan harapan yang diberikan kepada mereka, mereka mungkin merasa bingung dan tidak yakin tentang apa yang seharusnya dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan ketidakdisiplinan dalam menjalankan pekerjaan.
2. Kurangnya Motivasi
Karyawan yang kurang termotivasi atau tidak merasakan makna dalam pekerjaan yang mereka lakukan biasanya menunjukkan tingkat disiplin yang rendah. Kurangnya motivasi ini akan menyebabkan produktivitas yang minim serta kurangnya komitmen terhadap tugas-tugas yang diberikan
3. Kurangnya Pengawasan
Karyawan mungkin cenderung tidak disiplin jika merasa bahwa mereka tidak diawasi atau dipantau dengan ketat. Ketika pengawasan minim, ada risiko bahwa karyawan akan mengabaikan tugas-tugas atau meremehkan kualitas pekerjaannya.
4. Gaya Manajemen yang Tidak Efektif
Memiliki gaya manajemen yang otoriter atau kurang mendukung dapat mempengaruhi tingkat disiplin karyawan. Karyawan mungkin merasa tidak dihargai atau diperhatikan, yang dapat mengurangi motivasi mereka untuk menjaga disiplin.
5. Ketidakcocokan Karyawan dengan Pekerjaan
Karyawan yang merasa bahwa pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan keahlian, minat, atau nilai-nilai pribadi mereka cenderung kurang disiplin. Mereka mungkin tidak merasa terhubung dengan pekerjaan tersebut dan kurang termotivasi untuk menjalankan tugas dengan baik.
Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin
Pluxee memberikan sepuluh cara dalam mengatasi karyawan yang tidak disiplin. Anda dapat terapkan salah satu atau mencari yang paling efektif di dalam proses penerapannya dalam rangka meningkatkan disiplin karyawan. Simak cara-caranya dibawah ini.
1. Memantau Tanpa Diketahui Karyawan
Cara pertama dalam mengatasi karyawan yang tidak disiplin adalah mencoba memantaunya tanpa diketahui. Pantauan ini bisa Anda lakukan dari hasil kerja dan gerak-geriknya. Ketepatan deadline seluruh pekerjaan juga dapat Anda pantau secara seksama. Dari hasil pemantauan, Anda dapat menyimpulkan apa saja yang perlu diperbaiki agar karyawan ini menjadi disiplin.
2. Langsung Bertanya pada Karyawan
Setiap orang memiliki permasalahan di luar urusan pekerjaan. Apakah karyawan tersebut ada masalah sehingga membuatnya tidak disiplin? Daripada Anda hanya bertanya-tanya sendiri, sebaiknya langsung tanyakan kepada karyawan.
Tidak hanya karena masalah eksternal saja, bisa saja karyawan menjadi tidak disiplin karena ada permasalahan di dalam kantor. Dimulai dari perbedaan pendapat, ada konflik dengan rekan satu kantor, atau perlakuan yang tidak baik. Jangan lupa cari tahu dari sudut pandang karyawan agar akar permasalahan mampu terlihat.
3. Bangun Komunikasi Dua Arah
Ketika karyawan tidak disiplin, coba bangun komunikasi dua arah. Mungkin saja ada hal-hal yang tidak dipahami oleh karyawan di dalam bekerja. Komunikasi dua arah juga menjadi proses pembelajaran bagi Anda sendiri. Karyawan dapat memberikan saran agar kinerja Anda semakin baik dan konsisten sehingga membantu proses kerja dia juga.
4. Menanamkan Visi Misi Perusahaan
Visi misi perusahaan sudah dibuat untuk ditanamkan pada setiap karyawan. Di sinilah tugas Anda untuk menanamkan visi misi perusahaan agar karyawan mampu bekerja lebih baik dan menjadi disiplin. Visi misi memang perlu ditanamkan agar seluruh individu di dalam perusahaan bekerja selaras, dari segi hard skills hingga soft skills.
5. Posisikan Karyawan Sesuai Keahliannya
Setiap individu memiliki keahlian berbeda-beda, namun ada kondisi berbeda ketika berbicara mengenai dunia profesional. Terkadang ada karyawan yang tidak diposisikan sesuai keahliannya. Inilah yang akhirnya membuat motivasi kerja karyawan berkurang hingga membuatnya tidak disiplin.
Coba posisikan karyawan sesuai keahliannya agar dia lebih semangat dalam bekerja dan mampu menggunakan kemampuannya secara penuh. Perusahaan pasti mendapatkan dampak positif dari keputusan ini.
6. Berikan Penghargaan
Jangan lupa untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang memang berprestasi dan telah memberikan kontribusi besar. Terkadang ada saja perusahaan yang melupakan hal ini. Padahal karyawan sudah bekerja sepenuh hati di dalam kesehariannya. Jika budaya tidak memberikan penghargaan ini tetap dipertahankan, jangan aneh ketika melihat karyawan mengalami penurunan performa hingga menjadi tak disiplin.
7. Menjadi Teladan yang Baik
Karyawan membutuhkan role model yang tepat di dalam bekerja. Tentu saja Anda harus menjadi teladan yang baik bagi mereka. Jika Anda sendiri tidak disiplin, apakah karyawan dapat tetap disiplin? Tentu saja tidak. Mereka malah menganggap bahwa tindakan tidak disiplin yang Anda lakukan terhitung wajar. Oleh karena itu, mari menjadi teladan yang baik bagi karyawan lain mulai sekarang.
8. Memberikan Pengarahan yang Jelas dan Tegas
Karyawan yang kurang disiplin mungkin memerlukan arahan yang lebih rinci mengenai tugas dan tanggung jawab yang harus mereka laksanakan. Penting untuk memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang standar disiplin dan kinerja yang diharapkan oleh perusahaan.
9. Beri Dukungan Pelatihan
Apabila Anda memiliki karyawan yang sedang menghadapi kendala dalam menjalankan tugas mereka secara efektif, berikan pelatihan atau bantuan tambahan agar mereka dapat mengatasi hambatan tersebut.
10. Lakukan Evaluasi Kinerja Berkala
Untuk memiliki karyawan yang disiplin, Anda juga perlu melakukan evaluasi kinerja secara teratur, berikan umpan balik yang konstruktif, dan berikan panduan tentang bagaimana mereka bisa meningkatkan disiplin kerja.
Itulah sepuluh cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin. Semoga informasi yang diberikan Pluxee dapat bermanfaat dan langsung diterapkan dalam aktivitas di dunia kerja.