Kelebihan dan Kekurangan Media Promosi yang Tersedia Saat Ini
Januari 5, 2021
Agar makin dikenal banyak orang, sebuah bisnis harus melakukan promosi dengan gencar. Untuk promosi yang efektif, dibutuhkan media yang tepat. Ada beragam media promosi yang bisa digunakan untuk memperkenalkan produk kepada orang banyak.
Untuk menentukan mana yang paling cocok bagi Anda, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan media promosi yang tersedia saat ini.
Media Cetak
Media cetak adalah media promosi yang sangat banyak digunakan sebelum media sosial semakin populer. Contoh media cetak adalah surat kabar, majalah, dan tabloid. Media cetak diproduksi oleh perusahaan media dan didistribusikan ke berbagai tempat. Agar banyak orang membeli media cetak, isinya harus informatif dan berguna bagi pembaca.
Kelebihan media cetak sebagai media promosi adalah dapat bertahan lama. Misalnya, sebuah majalah, tidak akan langsung dibuang jika sudah selesai dibaca. Pembeli biasanya masih menyimpan majalah untuk dijadikan referensi sewaktu-waktu dibutuhkan. Ini berarti iklan produk juga masih terus bisa diakses.
Kekurangan media cetak adalah hanya dapat berupa teks dan gambar. Anda tidak dapat memasang iklan berupa video yang menunjukkan wujud nyata sebuah produk. Selain itu, untuk sampai ke tangan pembeli, media cetak membutuhkan waktu distribusi yang cukup lama.
Media Elektronik
Selain media cetak, ada pula media promosi berupa media elektronik. Setidaknya, ada dua jenis media elektronik yang umum digunakan sebagai media promosi, yaitu televisi dan radio.
Kelebihan televisi adalah dapat menayangkan teks, gambar, audio, dan video dalam waktu yang bersamaan. Media televisi juga sangat merakyat karena hampir semua rumah memilikinya. Orang-orang bisa menonton televisi tanpa perlu membayar. Kekurangannya, iklan produk hanya bisa dilihat saat ditayangkan dan biaya promosi melalui televisi cukup mahal.
Sementara itu, radio sebagai media promosi juga cukup efektif karena bisa menjangkau semua kalangan. Radio lebih fokus kepada promosi melalui audio. Kekurangannya, gambar produk tidak bisa ditampilkan.
Media Online
Jenis media promosi yang semakin berkembang saat ini adalah media online. Setidaknya, ada dua jenis media untuk beriklan secara online, yaitu situs berita online dan media sosial.
Situs berita online memiliki karakter seperti media cetak, hanya saja disebarkan melalui internet. Keunggulan situs berita online sebagai media promosi adalah dapat diakses oleh lebih banyak orang asalkan terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, biayanya cenderung lebih murah. Namun, beriklan di media massa online harus cermat karena tidak semua pengunjung situs tersebut merupakan target promosi yang tepat.
Selain itu, ada media sosial, yaitu media promosi yang sangat populer belakangan ini. Banyak orang memilih media sosial karena murah, bahkan cenderung gratis. Namun, Anda juga harus memiliki banyak pengikut agar promosi di media sosial berjalan dengan efektif.
Media Promosi Outdoor
Jenis media promosi lainnya adalah media outdoor seperti baliho, spanduk, billboard, poster, atau banner. Media ini dicetak terlebih dahulu kemudian dipasang di tempat-tempat yang strategis. Kelebihan media outdoor adalah dapat menjangkau masyarakat dengan mudah. Siapa pun yang melintas dapat melihat iklan produk Anda.
Kekurangannya, jangkauan hanya terbatas pada tempat tertentu. Anda harus benar-benar memastikan lokasi pemasangan media promosi sudah tepat. Selain itu, media ini juga hanya dapat menggunakan teks dan gambar.
Kelebihan dan Kekurangan Media Promosi Cetak Dibanding Media Promosi Internet
Meskipun media online terus berkembang pesat, tak jarang para pebisnis masih mempertahankan penggunaan media promosi cetak. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kelebihan lainnya yang bisa diperoleh melalui media promosi cetak, seperti berikut ini:
- Harganya lebih terjangkau.
- Lebih menjangkau ke segala generasi.
- Bisa difokuskan ke target market tertentu.
- Lebih mudah dibaca dan dipahami.
Namun, media promosi cetak juga memiliki kekurangan dibandingkan media cetak online atau internet, diantaranya adalah sebagai berikut:
- Sulit menjangkau audiens secara global.
- Kurang cocok untuk promosi yang bersifat jangka panjang.
- Promosi hanya berbentuk tulisan dan gambar.
- Penyebaran yang lebih lambat.
- Biaya produksi dan distribusi bisa jadi lebih mahal.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan media promosi tersebut, apakah Anda sudah menentukan pilihan mana yang paling tepat untuk produk Anda? Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya dan efektivitasnya sehingga kegiatan promosi memberikan hasil yang optimal.