Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Contoh, dan Tips Meningkatkannya
Oktober 12, 2022
Bisnis Anda mampu bertahan tidak hanya karena mendapatkan pelanggan baru setiap harinya. Pelanggan setia yang mendukung bisnis Anda dari awal merupakan aset berharga bagi sebuah bisnis.. Itulah pentingnya menerapkan loyalitas pelanggan dalam bisnis Anda. Loyalitas pelanggan adalah kunci penting meningkatkan kesetiaan mereka.
Apakah bisnis Anda sudah menerapkan loyalitas pelanggan? Jika jawabannya adalah belum, maka Anda wajib untuk mengaktifkan program ini sekarang juga. Kenali dahulu apa itu loyalitas pelanggan serta tips meningkatkannya supaya Anda tidak salah strategi saat menerapkan program ini.
Apa Itu Loyalitas Pelanggan?
Loyalitas pelanggan adalah strategi bisnis dalam mempertahankan pelanggan lama agar terus membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan dalam bisnis Anda. Bisnis tetap fokus mendatangkan pelanggan baru, tetapi tidak melupakan pelanggan yang pernah berbelanja di toko Anda.
Pelanggan setia menjadi bukti bahwa sebuah bisnis sangat tepercaya sehingga mereka terus-menerus membeli produk Anda. Kepercayaan tersebut lahir dari kepuasan pelanggan saat menggunakan produk atau berbelanja di bisnis Anda. Kepuasan pelanggan justru akan membantu bisnis dalam bertumbuh sehingga mereka mampu bertahan di tengah persaingan pasar.
Apa Saja Contoh Bentuk dari Loyalitas Pelanggan?
Banyak bisnis yang telah menerapkan loyalitas pelanggan sebagai strateginya. Tidak hanya bisnis besar, UMKM atau bisnis daring yang baru merintis pun memiliki cara tersendiri dalam membangun loyalitas pelanggan. Anda bisa mengambil beberapa contoh loyalitas pelanggan di bawah ini.
1. Bergabung di Program Keanggotaan
Contoh loyalitas pelanggan ini paling banyak diterapkan di supermarket atau toko waralaba. Anda menawarkan program keanggotaan kepada pelanggan dengan cara membuat kartu anggota. Kartu anggota ini berisi sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh pelanggan. Misalnya, potongan harga saat berbelanja atau hadiah khusus saat hari ulang tahun.
2. Mengumpulkan Poin
Ada pula bisnis yang mengajak pelanggannya untuk mengumpulkan poin setiap kali melakukan pembelian. Poin yang dikumpulkan lalu ditukar dengan hadiah khusus atau rewards menarik berupa potongan harga. Namun, poin tersebut memiliki masa kedaluwarsa tersendiri supaya pelanggan terus mengumpulkan poin hingga mendapatkan rewards yang diinginkan.
3. Memberikan Hadiah atau Voucher
Ada pula bisnis yang langsung memberikan hadiah atau suvenir kepada pelanggan. Hadiahnya bisa berupa produk sampel atau barang gratis apabila menyelesaikan transaksi dengan nominal tertentu. Selain hadiah, mereka juga memberikan voucher belanja yang bisa digunakan untuk pembelian berikutnya.
4. Mengadakan Tantangan Berbelanja
Contoh ini paling sering ditemukan dalam website jual-beli daring. Pelanggan diberi tantangan berbelanja di website tersebut sebagai syarat untuk mendapatkan rewards keanggotaan. Rewards yang diberikan bisa berupa gratis ongkir atau voucher gratis setiap hari untuk kategori barang tertentu.
Bagaimana Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?
Contoh di atas bisa menjadi ide menarik untuk diterapkan dalam bisnis Anda. Namun, tren pasar akan selalu berubah sehingga Anda perlu meningkatkan loyalitas pelanggan setiap saat. Cobalah mengupayakan beberapa tips di bawah ini supaya pelanggan terus setia dengan bisnis Anda.
1. Tingkatkan Kualitas Produk
Pelanggan setia selalu merasa puas karena mereka merasakan produk yang berkualitas. Anda perlu meningkatkan kualitas dan mutu produk agar lebih baik dari sebelumnya. Produk yang sudah ada dapat dikembangkan lagi sehingga sesuai dengan permintaan pasar yang terus berubah.
2. Tingkatkan Kenyamanan Konsumen saat Berbelanja
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tips ini. Anda bisa menyediakan toko daring sehingga mereka dapat membeli produk tanpa terikat oleh batas waktu atau lokasi. Pilihan lainnya adalah memberikan layanan pengiriman tercepat atau gratis ongkir sesuai nominal pembelanjaan yang telah ditetapkan.
3. Prioritaskan Layanan Pelanggan
Kesan pelanggan terhadap bisnis Anda dapat menentukan kesetiaan mereka. Untuk tips ini, Anda bisa melatih karyawan atau staf supaya mereka bisa melayani pelanggan dengan baik. Pelanggan pun akan merasa terbantu ketika terjadi masalah apabila tim layanan pelanggan Anda mampu memberikan solusi terbaik.
4. Buat Program Rewards yang Menarik
Setiap bisnis memiliki cara yang berbeda dalam membuat program rewards. Namun, Anda harus menghadirkan program rewards yang menarik supaya pelanggan makin antusias. Misalnya, mengadakan giveaway untuk pelanggan yang beruntung atau program tier-list yang terdiri dari beberapa level keanggotaan.
5. Adakan Program Referral
Pelanggan yang setia dan puas pasti merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Anda dapat memanfaatkan kondisi ini untuk menghadirkan program referral dalam bisnis. Contohnya, memberikan diskon kepada pelanggan baru yang mendapat rekomendasi dari pelanggan lama Anda.
6. Berkolaborasi dengan Bisnis atau Figur Publik
Kolaborasi bisa menjadi salah satu cara efektif dalam meningkatkan kesetiaan pelanggan. Anda dapat berkolaborasi dengan bisnis dari industri lain untuk menghadirkan produk baru yang lebih spesial. Figur publik seperti seniman, ilustrator, atau selebritas bisa diajak bekerja sama untuk membuat suvenir yang bisa dihadiahkan kepada pelanggan.
7. Berikan Pluxee eVoucher
Tips terakhir namun tak kalah penting adalah memberikan voucher belanja sebagai bentuk terima kasih atas kesetiaan mereka. Voucher belanja tersebut bisa berupa Pluxee eVoucher yang bisa digunakan di lebih dari 480 merchants dan 25.500 outlets di seluruh Indonesia. Pelanggan Anda dapat menggunakan voucher belanja elektronik ini untuk memenuhi kebutuhan harian mereka di minimarket terdekat atau membeli produk Anda secara online di Tokopedia.
Hubungi kami untuk mendapatkan Pluxee eVoucher sekarang juga dan tingkatkan kesetiaan pelanggan Anda dengan voucher belanja elektronik ini.
Banyak jalan menuju Roma, banyak pula tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Intinya, loyalitas pelanggan adalah rahasia keberhasilan sebuah bisnis yang tak boleh Anda lupakan.