Mengenal Perbedaan Pemimpin dan Manajer di Dunia Kerja
April 9, 2021
Dalam dunia kerja, kita memiliki pemimpin dan juga manajer. Namun tidak jarang jika orang-orang menganggap bahwa dua posisi ini adalah sama. Hal ini dikarenakan pemimpin dan manajer mempunyai sebuah posisi yang sama yaitu berada pada posisi di atas kita.
Lalu, apa sebenarnya perbedaan pemimpin dan manajer di dunia kerja?
Apa itu Pemimpin?
Pengertian pemimpin adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab penuh dalam mengembangkan perusahaan. Karyawan yang berada di perusahaannya akan melihat pemimpin sebagai figur yang dapat mengayomi mereka selama bekerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, seorang pemimpin mempunyai pengaruh yang paling besar dalam sebuah perusahaan, baik pengaruh terhadap perusahaan itu sendiri, maupun pengaruh terhadap orang-orang yang berada di dalam perusahaan.
Apa itu Manajer?
Manajer adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab dalam mengatur sistem organisasi perusahaan. Seluruh karyawan yang berada dalam sebuah perusahaan akan lebih sering berkomunikasi langsung dengan manajer dibandingkan pemimpin mengenai job desk dan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Manajer juga harus memastikan bahwa seluruh karyawan menyelesaikan job desk mereka dengan baik dan benar.
Perbedaan Antara Pemimpin dan Manajer
Setelah kita mengetahui masing-masing arti dari pemimpin dan manajer, mari kita lihat apa saja perbedaan pemimpin dan manajer secara pekerjaannya dalam sebuah perusahaan.
1. Pemimpin membangun visi dan misi, manajer membuat rencana/rancangan
Setiap perusahaan pasti mempunyai visi misi dan yang membuat visi misi perusahaan adalah seorang pemimpin. Pemimpin akan berpikir secara visioner untuk melihat perkembangan perusahaannya di masa mendatang dan tugas seorang manajer adalah membuat rencana untuk menjalankan visi misi tersebut serta melakukan pengukuran terhadap visi misi yang sudah dibuat. Seorang manajer harus dapat memilah visi misi mana yang dapat dilaksanakan dan mana yang tidak mungkin untuk direalisasikan.
2. Pemimpin berani mengambil risiko, manajer mementingkan realitas lapangan
Seorang pemimpin biasanya bersifat idealis dan seorang manajer memiliki sifat realistis. Oleh karena itu, pemimpin lebih berani untuk mengambil risiko atas pemikiran idealis yang dia punya sedangkan manajer akan memperhitungkan risiko yang harus diambil, apakah risiko tersebut dapat merugikan perusahaan di kemudian hari atau tidak.
3. Pemimpin melihat proses, manajer melihat hasil
Dalam perusahaan pasti akan ada proses yang dilalui baik dari karyawan maupun perkembangan sebuah perusahaan. Seorang pemimpin akan mengamati proses yang telah dilalui tersebut agar pemimpin dapat membuat sebuah evaluasi yang berguna untuk perkembangan perusahaan. Sedangkan tugas seorang manajer lebih condong dalam hasil yang telah dikerjakan oleh karyawan sesuai dengan yang sudah ditargetkan oleh seorang pemimpin. Manajer mempunyai peranan untuk memastikan bahwa karyawan melaksanakan tugas mereka sesuai dengan arahannya dalam mencapai target dari pemimpin.
4. Pemimpin memberikan motivasi, manajer memberikan arahan
Kata-kata seperti "kita pasti bisa bergerak menuju kesuksesan" atau "saya yakin kalian pasti dapat melakukannya" biasanya tercetus dari seorang pemimpin. Seorang pemimpin lebih sering memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat kerja karyawan. Tugas manajer adalah memberikan arahan kepada karyawan mengenai apa yang harus mereka lakukan agar motivasi tersebut bisa terwujud.
5. Pemimpin memiliki pribadi yang unik, manajer mencontoh
Seorang pemimpin perusahaan mengetahui betapa pentingnya memiliki personal branding yang unik dan beda dari orang lain. Tidak hanya untuk memperlihatkan diri sebagai seorang pemimpin, namun juga untuk menguatkan visi perusahaan yang mereka bawa. Pemimpin tidak akan takut untuk melakukan hal-hal berbeda dan menghasilkan ide “out of the box” agar bisa terus berkembang.
Sedangkan, manajer adalah seseorang yang bertugas untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan pekerjaan, proyek, jadwal, alur kerja, agar selalu sesuai dengan peraturan dan kebijakan perusahaan. Seorang manager juga cenderung tetap berprinsip terhadap apa yang telah terbukti berhasil, misalnya seperti sistem, struktur, dan juga proses.
Pemimpin dan Manajer Bekerja Sama Dalam Memajukan Perusahaan
Tugas pemimpin dan manajer memanglah berbeda. Namun, keduanya saling bekerja sama dalam membangun dan memajukan perusahaan. Tentunya, mereka membutuhkan karyawan-karyawannya untuk membantu mereka dalam mencapai tujuan tersebut. Bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti pemimpin akan mengapresiasi hasil kerja keras para karyawannya dalam menjalankan pekerjaan mereka. Apresiasi karyawan dapat dilakukan dengan memberikan reward seperti voucher hadiah Pluxee yang efisien karena bisa digunakan oleh siapa saja. Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan apa perbedaan antara pemimpin dan manajer?