Apa itu SWOT Analisis dan Fungsinya untuk Organisasi?
April 20, 2021
Dalam mengembangkan sebuah bisnis, sangat penting bagi Anda sebagai perusahaan untuk melakukan analisis SWOT. Dengan melakukan analisis SWOT maka seluruh sistem internal kerja perusahaan Anda dapat berjalan dengan lebih sistematis. Selain itu, analisis SWOT juga dapat menghasilkan strategi bisnis yang tepat sasaran.
Lantas, apa itu analisis SWOT? Apa saja bagaimana melakukan metode analisis SWOT? Serta apa fungsi analisis SWOT untuk sebuah organisasi? Cari tahu lebih lanjut mengenai analisis SWOT melalui artikel berikut ini!
Penjelasan SWOT Analisis
Analisis SWOT adalah sebuah metode analisis yang digunakan untuk menentukan Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).
Segala bentuk dan jenis bisnis perlu melakukan analisis SWOT ini, tidak terkecuali bisnis kecil seperti UMKM sekalipun. Analisis SWOT dapat membantu Anda untuk melakukan identifikasi target market hingga membantu melakukan evaluasi bisnis sehingga dapat mengetahui bagian mana yang perlu diperbaiki atau dikembangkan dari bisnis tersebut.
Tujuan SWOT Analisis
Sebagai salah satu metode yang dapat mempermudah Anda dalam menentukan perencanaan strategi di bidang bisnis yang secara detail dan khusus. Analisa SWOT yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman ini memiliki beberapa tujuan utama diantaranya sebagai berikut.
1. Membantu Memetakan Faktor-Faktor Penting
Tujuan pertama dari empat komponen analisis SWOT adalah untuk membantu Anda dalam mengetahui dan juga memetakan faktor-faktor penting yang memengaruhi sebuah strategi atau rencana agar lebih mudah.
Dengan memanfaatkan metode analisa SWOT, Anda bisa mengetahui faktor-faktor apa saja yang dimiliki perusahaan baik itu internal maupun eksternal. Untuk faktor internal yang meliputi faktor kekuatan dan kelemahan. Kemudian untuk faktor eksternal adalah faktor yang ada di luar lingkup perusahaan, seperti kesempatan serta ancaman.
2. Mengetahui Posisi Perusahaan di Dalam Lingkaran Persaingan
Metode analisis SWOT yang dilakukan dengan cara memperhatikan secara detail bagaimana sebuah strategi dirancang berdasarkan pertimbangan faktor-faktor yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.
Hal tersebut tentunya bukan hanya berfungsi untuk mengetahui posisi perusahaan Anda sendiri, tetapi Anda juga bisa melihat kompetitor perusahaan yang turut bersaing di pasar. Dengan metode SWOT, Anda juga dapat menganalisis kompetitor untuk bisa menyainginya atau bahkan mengalahkannya secara nyata dalam persaingan pasar.
3. Memudahkan dalam Mengambil Keputusan
Sesuai dengan fungsi utamanya, metode analisis SWOT digunakan untuk membantu melakukan perencanaan strategi serta penyelesaian masalah. Maka dari itu, analisis SWOT bertujuan untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan-keputusan penting terkait strategi bisnis perusahaan.
Anda bisa memanfaatkan faktor-faktor atau 4 aspek utama metode SWOT sebagai bahan pertimbangan ketika sedang mengambil keputusan krusial. Misalnya, Anda sedang menentukan pembukaan cabang baru di waktu mendatang, mengembangkan produk baru, atau membuat promosi potongan harga.
4. Memperkirakan Berbagai Masalah yang Mungkin Muncul
Dengan mengetahui dan memahami potensi-potensi yang berupa kekurangan maupun ancaman sehingga memicu munculnya permasalahan dari hasil analisis SWOT, Anda dapat lebih waspada dalam menghadapi kemungkinan masalah yang akan timbul di waktu mendatang.
5. Memberikan Kesempatan bagi Perusahaan untuk Semakin Berkembang
Memanfaatkan metode analisis SWOT dengan tepat dan benar tentunya bisa mempermudah Anda dalam mendapatkan kesempatan yang ada semaksimal mungkin guna perusahaan semakin berkembang kedepannya. Menyusun strategi bisnis yang matang dengan mempertimbangkan faktor-faktor penting dalam 4 komponen SWOT akan membantu perusahaan Anda dalam mencapai goals sesuai harapan.
Manfaat Melakukan Analisis SWOT
Pada dasarnya, empat komponen utama yang ada dalam analisis SWOT memiliki manfaat karena dapat berfungsi sebagai sebuah acuan dalam menjalankan strategi kombinasi dari pencapaian misi hingga mencapai visi dalam berbisnis.
Dengan kata lain, manfaat melakukan analisis SWOT adalah untuk membantu Anda dalam melakukan perencanaan strategi bisnis secara terstruktur. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui untuk menjalankan analisis SWOT:
- Bagaimana sebuah kekuatan dapat menghasilkan keuntungan melalui peluang
- Bagaimana strategi dalam mengatasi kelemahan yang berisiko mencegah kerugian
- Bagaimana cara agar kekuatan dalam bisnis mampu menghadapi ancaman yang ada
- Langkah yang harus dilakukan untuk mengendalikan kelemahan yang berisiko menimbulkan ancaman.
Dengan mengetahui hal-hal di atas sebelum menjalankan analisis SWOT, Anda bisa mempertimbangkan keputusan dan menentukan prioritas dalam bisnis dengan lebih baik. Selain itu, manfaat analisis SWOT lainnya adalah untuk membantu para penggiat bisnis kecil seperti UMKM untuk memperoleh modal usaha dengan mengajukan proposal kepada investor. Analisis SWOT akan sangat membantu mereka agar bisa mengetahui secara jelas kondisi dan faktor internal serta faktor eksternal yang dapat memengaruhi bisnis mereka.
Cara Menggunakan Analisis SWOT
Pada dasarnya penggunaan metode analisis SWOT cukup mudah untuk dilakukan ketika Anda hendak menyusun strategi atau rencana bisnis perusahaan. Dengan menggunakan setiap proses analisis SWOT dengan tepat, maka Anda akan semakin berpeluang untuk menggapai target sesuai dengan apa yang direncanakan di awal. Berikut ini beberapa cara dalam menggunakan analisis SWOT dengan baik dan benar.
1. Menentukan Tujuan yang akan Dicapai
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan analisis SWOT adalah menentukan tujuan yang akan digapai. Dalam hal ini, tujuan merupakan pondasi yang paling dasar dari setiap proses yang Anda jalankan, terutama dalam hal berbisnis. Tujuan yang Anda ingin capai juga harus memiliki sejumlah kriteria penting. Tujuan tersebut harus mempunyai beberapa sifat, seperti konsisten, terperinci, serta rasional.
2. Membuat Matriks atau Diagram Analisis SWOT
Kemudian langkah berikutnya adalah memetakan seluruh komponen analisis SWOT dalam satu diagram atau matriks. Dengan begitu, Anda dapat melihat faktor-faktor yang bisa menghambat pencapaian tujuan, seperti kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats), di samping itu terdapat juga faktor-faktor yang membantu dalam mencapai tujuan, seperti kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities).
3. Membentuk Tim serta Brainstorming
Tahapan yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membentuk tim perencanaan strategi bisnis yang mampu menganalisis hal-hal yang berhubungan dengan bisnis perusahaan Anda. Anda dapat membentuk sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda-beda, seperti ekonomi, ilmu komunikasi, hukum, atau bahkan teknik industri. Semakin beragam latar belakang yang dimiliki dari tim perencana, proses brainstorming analisis SWOT pun akan lebih detail untuk dilakukan.
Mengenal Arti dan Contoh Analisis SWOT
Dalam melakukan analisa SWOT, Anda perlu membuat daftar pertanyaan berdasarkan masing-masing elemen dalam SWOT. Melalui daftar pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, Anda dapat menentukan empat komponen analisis SWOT sesuai dengan rencana yang disusun. Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan yang bisa Anda terapkan untuk menentukan empat komponen analisis SWOT.
1. Strengths (Kekuatan)
Setiap bisnis harus mempunyai USP atau Unique Selling Proposition yang dapat mendorong kekuatan bisnis tersebut. USP tersebut bisa dilihat baik dari produk yang Anda tawarkan ataupun jasa. Untuk menganalisa apa saja strengths yang bisnis Anda punya, maka Anda bisa membuat daftar pertanyaan sebagai contoh analisis SWOT berikut ini:
- Apa hal bagus yang dilakukan oleh perusahaan Anda?
- Kualitas apa yang Anda punya sehingga lebih unggul dibandingkan merek kompetitor usaha Anda?
- Apakah SDM yang perusahaan Anda miliki sudah terlatih dan berpengalaman?
- Apakah Anda menggunakan teknologi terkini dalam menjalankan bisnis Anda?
2. Weaknesses (Kelemahan)
Selain kekuatan, tentunya Anda juga harus menganalisa kelemahan yang bisnis Anda punya agar dapat dicari sebuah solusi alternatif untuk menjadikan weaknesses ini sebagai strengths bagi bisnis Anda. Adapun daftar pertanyaan sebagai contoh analisis SWOT yang dapat Anda buat untuk mengidentifikasi weaknesses dari perusahaan Anda adalah sebagai berikut:
- Apa kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan Anda?
- Apa saja keunggulan yang kompetitor Anda punya sehingga mengungguli bisnis Anda?
- Apakah USP yang Anda punya sudah jelas?
- Apakah SDM yang Anda miliki sudah memadai untuk menunjang perkembangan bisnis Anda?
3. Opportunities (Kesempatan)
Untuk menjalankan sebuah bisnis tidak bisa asal. Diperlukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang Anda punya. Oleh karena itu, setiap pengusaha harus pintar dalam melihat opportunities atau kesempatan lalu buatlah strategi yang tepat bersama dengan tim Anda untuk merealisasikan kesempatan tersebut. Untuk mencari opportunities, Anda bisa menggunakan daftar pertanyaan seperti berikut ini untuk melakukan analisis SWOT:
- Apakah kompetitor di area Anda masih terbilang sedikit?
- Apakah ketersediaan produk seperti bisnis Anda masih langka?
- Apa saja kebutuhan masyarakat masa kini dari segi produk maupun jasa?
4. Threats (Ancaman)
Ancaman pasti dapat terjadi pada setiap pemilik bisnis. Namun, tentunya Anda bisa mengantisipasi agar dapat terhindar dari threats atau ancaman tersebut dengan melakukan analisis SWOT yang tepat. Untuk itu, Anda bisa membuat daftar pertanyaan untuk mengetahui ancaman yang dapat terjadi di perusahaan Anda seperti:
- Apakah bisnis Anda bebas dari unsur negatif yang bertentangan dengan badan hukum?
- Apakah ada kemungkinan perubahan perilaku pada pelanggan sehingga mereka berhenti melihat produk atau jasa Anda?
- Apakah Anda pernah memiliki citra buruk di media?
- Apakah keuangan perusahaan Anda hingga saat ini mempunyai arus yang stabil?
Perkuat Usaha Anda dengan Strategi Bisnis yang Tepat
Setelah Anda mengetahui analisis SWOT, maka Anda sudah memiliki analisis terhadap bisnis. Sekarang saatnya Anda membuat strategi bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan usaha yang dimiliki agar dapat menjangkau lebih banyak pasar.
Selain itu, Anda juga bisa menerapkan strategi bisnis seperti memberikan voucher belanja kepada pelanggan atau client Anda agar mereka tetap loyal dengan bisnis Anda. Dapatkan Pluxee Gift yang nominalnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda sekarang juga! Anda bisa hubungi kami untuk melakukan konsultasi ataupun pembelian voucher Pluxee. Tim Pluxee dengan senang hati akan membantu Anda mendapatkan produk yang tepat sesuai kebutuhan Anda.